MEMBER IS AWAY
IBO LIVE CHANNEL
ACTIVE MEMBER
 
 
JODI WRUCK
Joined IBOtoolbox 1/2017
 I'm currently offline
active contributor


:: MEMBER ADVERTISING ::
IBOtoolbox adserver v3.1
:: MEMBER ADVERTISING ::
IBOtoolbox adserver v3.1


Published on 3/26/2020 additional information available

Pengertian Ball Bearing dan Jenis-Jenisnya

#ball bearing


Ball bearing adalah salah satu jenis bearing yang paling umum dan sering digunakan di berbagai peralatan seperti peralatan otomotif, alat-alat rumah tangga, dan mesin. Cara kerja ball bearing sederhana dan gerak putarnya efektif sehingga dapat menopang beban putar maupun beban tekan yang berasal dari samping. Walaupun kekuatan ball bearing cukup bagus, namun bearing ini tidak cukup kuat untuk menahan beban yang terlalu berat.

Pada awalnya, bahan baku pembuatan ball bearing adalah kayu. Namun, seiring berjalannya waktu, kini ball bearing terbuat dari bahan stainless steel untuk daya tahan yang lebih lama. Berikut ini adalah beberapa jenis ball bearing yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Ball Bearing

1. Single-row deep groove ball bearing

Jenis ball bearing yang pertama adalah single row deep groove ball bearing. Jenis ini berupa satu baris dalam sebuah alur bantalan. Single row deep groove ball bearing adalah yang paling sering digunakan dan penggunaannya juga sangat luas. Bahan bantalan dari jenis ball bearing ini biasanya berupa baja dan segel karet yang terpasang di kedua bagian serta dilumuri dengan minyak pelumas.

2. Extra small ball bearings

Jenis ball bearing selanjutnya adalah extra small ball bearing. Ciri-ciri dari ball bearing ini adalah lingkar luar yang bergelang, cincin yang panjang, cincin dengan ketebalan radial lebih besar daripada lebar bantalan, serta berbentuk tipis.

3. Maximum-type ball bearings

Maximum type ball bearing memiliki beberapa bola yang lebih besar daripada jenis ball bearing yang lain. Karena ukuran bolanya yang besar, maximum type ball bearing ini kurang cocok untuk diaplikasikan pada beban aksial yang cukup tinggi.

4. Magneto ball bearings

Jenis ball bearing yang terakhir adalah magneto bearings. Alur yang terdapat pada bantalan bearing ini sedikit lebih dangkal daripada jenis yang lain. Cincin luar dari bearing ini mempunyai bahu di satu sisi dan cincin tersebut dapat dihilangkan. Ini yang membuat magneto bearings mudah untuk dilakukan pemasangan.

Itulah berbagai jenis ball bearing yang perlu Anda ketahui. Sebagai informasi, jika Anda sedang mencari bearing yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Logam Makmur. Logam Makmur berlokasi di Tamansari, Jakarta Barat. Untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi website resmi Logam Makmur di logam-makmur.com.




IBO MEMBER COMMENTS
You must be an IBOtoolbox member to comment on IBO press releases.  Click here to signup, its free.